Menarik dan mengenali pembaca tulisan anda

Cute-girlbxm.blogspot.com

Assalamualaikum, gimana smua, pada sehat, smoga sehat yak.

Kali ini ingin membahas tentang beberapa tipe pembaca, dari artikel thread dsb. Pembaca itu macem - macem, nah menurut survey ane setelah lama berselancar di internet ini dia beberapa tipe pembaca menurut ane.

 

1. Pembaca Girang

Pembaca yang sekedar membaca untuk mengisi waktu tanpa belajar & merenungkan apa yang ia baca. Membaca hanya sebuah refreshing. Biasanya bacaannya berbau humor atau menyentuh hati setelah tertawa atau menangis maka selesailah sudah ia membaca. Mottonya: "Membaca sebagai salah satu cara menikmati hidup".

 Nah ini tipe ane gan, ane suka baca yang berbau humor dan sekedar buat refreshing aja.


2. Pembaca Subyektif


Pembaca yang membaca untuk mengenali penulisnya, entah dengan tujuan apa. Bisa jadi untuk mengetahui cara berpikir, identitas, atau bahkan karakter penulis. Dan tak dipungkiri jika pembaca ini tidak memilki pemikiran positif, maka kadang ia hobby mencari-cari kekurangan penulis sehingga pembaca ini sulit membedakan mana opini & reportase atau fakta, sehingga cenderung gagal paham.


3. Pembaca Obyektif

Pembaca ini biasanya lebih cenderung membaca tulisan seseorang hanya sekedar ingin mendapatkan manfaat baik itu dari segi informasi, pesan, hiburan dll dari membaca isi tulisan. Siapa penulisnya, bukanlah hal yang penting. Menghabiskan waktu untuk mencari kekurangan penulis, merupakan suatu kerugian baginya, dan jika toh kekurangan penulis itu tersirat, maka tetap itu menjadi manfaat buatnya. Pembaca yang tidak mau rugi karena membaca, yang cenderung menempatkan diri di posisi penulis.


4. Pembaca Kritis

Pembaca ini gabungan dari pembaca subyektif & obyektif. Ia memerlukan relevansi antara isi tulisan dengan penulis. Prinsipnya, seorang penulis seharusnya berkepribadian atau memiliki bakat & keahlian di suatu bidang, sebagaimana yang ia tuliskan. Pembaca yang sangat idealis. Kelemahannya kadang-kadang berpikir negatif tentang penulis.


Seharus nya pikir yang positif untuk penulis, contoh nya... anjrit penulis gk ada positif nya.


5. Pembaca Otoriter

Pembaca ini juga bagian dari pembaca subyektif, tapi bedanya pembaca ini sulit menerima kenyataan, sehingga cenderung ngotot. Pembaca yang sulit membedakan mana tulisannya & mana tulisan orang lain sehingga cenderung memaksakan pemikirannya kepada penulis sehingga kesannya sulit menghargai pendapat.


6. Pembaca Apatis

Pembaca ini suka membaca, tapi tidak mau tahu apa yang dia baca. Cerita humor yang membuat orang lain tertawa terbahak-bahak pun tak akan membuatnya tersenyum, semua tulisan yang dia baca terkesan biasa saja. Membaca hanya sekedar membaca, ia tak mau tahu apakah yang ia baca itu berguna atau tidak.


7. Pembaca Yang Tidak Membaca

Biasanya pembaca ini hanya melihat judul, lalu menarik kesimpulan, yang sangat bertolak belakang dengan pesan tulisan.


8. Bukan Pembaca

Dalam Kompasiana, tipe ini hanya sekedar menulis lalu tidur. Dia tidak mau tahu apa yang terjadi pada tulisannya & tak suka membaca karya Kompasianers yang lain. Tepatnya, pembaca yang statusnya"ada dan tiada" alias bukan pembaca tapi penulis.

Yang ini aneh banget menurut ane gan , pembaca apa makhluk astral yak ?


 9. Dan yang Terkahir

Ini termasuk Pembaca yang unik, pembaca ini mencoba untuk memahami isi bacaan, tapi segala usaha dia coba tetep aja gak bisa memahami bacaan itu sendiri, pembaca apa itu. 

Itu saja dulu. Termasuk tipe manakah kita?

Sekian dulu semoga bermanfaat..


source kaskus,co,id/thread/5347725cffca1707158b46a9/?ref=homelanding&med=hot_thread
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Menarik dan mengenali pembaca tulisan anda"

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Copyright © 2014 CUTE - All Rights Reserved
Template By. Kunci Dunia
Back To Top